Tutup Saja Penerbangan ke Sana – FAJAR


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Anggota Komisi V bidang infrastruktur dan perhubungan DPR RI, Muh Aras meminta pemerintah untuk segera menutup akses penerbangan dari dan ke India. Hal tersebut mengingat tingginya kasus penyebaran Covid-19 di India beberapa hari terakhir.

“Kalau saya sih tutup saja penerbangan kesana (India), masak penerbangan domestik bahwa notabene kota tidak terlalu parah dan cenderung menurun itu dibatasi,” ujar Aras saat ditemui Fajar.co.id, Jum’at (23/4/2021).

Hal tersebut harus segera dilakukan oleh pemerintah, khususnya kementerian perhubungan agar tidak terjadi lonjakan migrasi warga India ke Indonesia.

Jangan sampai, kata Aras, warga India yang masuk ke Indonesia justru akan meningkatkan jumlah kasus Covid-19 di tanah air.

“Itu harus kita lakukan, untuk mencegah penyebaran Covid-19, India kan kita tahu lagi naik, 200.000 hari ini, saya meminta penerbangan dari sana tutup saja,” lanjut kerja DPW PPP Sulsel ini.

Kendati ditutup aksesnya, bisa saja dilakukan pengecualian jika itu merupakan hal yang penting, seperti diplomasi dan keperluan mendesak.

“Pengecualian misalnya orang-orang yang memiliki kepentingan diplomatik misalnya WNI yang disana mau dibawa kesini, tentu disaring lah, jangan sembarang orang dibiarkan masuk ke Indonesia,” pungkasnya.

Diketahui, saat ini India mengalami lonjakan drastis kasus Covid-19. Hingga sejumlah fasilitas kesehatan di India tidak mampu menampung lonjakan kasus tersebut. (Zaki/fajar)



Source link