Tips Aman dan Nyaman Cek Kandungan dengan Dokter Pria

Jakarta, CNN Indonesia —

Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Pusat Ikatan Dokter Indonesia (MKEK IDI) memberikan sanksi skors 6 bulan terhadap dokter Kevin Samuel Marpaung. Ini merupakan imbas video yang ia unggah di TikTok dan viral di berbagai platform media sosial.

Meski sudah ada sanksi, video ini rupanya menimbulkan rasa cemas dan ketakutan di kalangan perempuan terutama ibu yang ingin cek ke dokter kandungan (obgyn). Terlebih jika terdapat prosedur yang melibatkan vaginal touch guna pemeriksaan perkembangan persalinan.

“Internal examination atau periksa dalam adalah tindakan yang biasanya dilakukan dokter atau bidan untuk memastikan perkembangan proses persalinan, dengan cara memasukkan dua jari telunjuk dan jari tengah tangan ke dalam vagina dengan menggunakan sarung tangan, sampai menyentuh mulut rahim,” ungkap dokter spesialis kandungan Ni Komang Yeni Dhana Sari dari RSPI Puri dan Klinik Utama Health 360 Indonesia melalui pesan singkat pada CNNIndonesia.com, Kamis (22/4).


Meski demikian, sebenarnya pasien tidak perlu khawatir berlebihan saat periksa sebab dokter bekerja dengan memegang etik.

“Ada tentunya etik yg mengatur dokter dalam memeriksa pasien perempuan terutama ketika melakukan pemeriksaan dalam alam vaginal touche,” ungkap Muhammad Dwi Priangga, dokter spesialis kandungan kepada CNNIndonesia.com, Kamis (22/4).

Namun agar ibu tetap merasa aman dan nyaman saat ke obgyn, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.


Tips nyaman cek kandungan


BACA HALAMAN BERIKUTNYA




Source link