Tim Pencari Kapal Selam KRI Nanggala-402 Menemui Sedikit Titik Terang – FAJAR


FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tim pencari Kapal Selam KRI Nanggala-402 sedikit menemui titik terang. Sinyal magnet yang sangat kuat terdeteksi oleh KRI Rimau.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Achmad Riad mengatakan KRI Rimau mendeteksi satu titik magnet cukup kuat.

Titik magnet tersebut ditemukan di lokasi pencarian, di perairan utara Pulau Bali. Kini pihaknya akan mengejar dan menindaklanjuti temuan itu.

“Ada satu titik magnet yang cukup kuat, mudah-mudahan itu tidak berubah dan akan dikejar. Mudah-mudahan itu menjadi titik terang,” katanya saat jumpa pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Jumat (23/4).

Meski demikian, dia juga mengatakan ada kemungkinan KRI Nanggala-402 terbawa arus.

“Untuk ruas, jelas ruas sudah diadakan penyisiran secara luas, karena semuanya kita juga memang, saya secara teknis tidak… tapi saya sudah menanyakan, ya bisa saja arus bawah laut membawa semuanya ketika dia mengapung bisa terbawa ke mana tapi artinya wilayah-wilayah yang diperkirakan,” ungkapnya.

Kondisi terkini KRI Nanggala-402, dikatakannya, sudah tidak bersuara. Untuk mendeteksi keberadaannya hanya dengan menggunakan sonar.

“Karena kemarin sementara ini dari KRI Rimau. Nah, ini tampaknya akan diperkuat dari KRI lain yang memang bisa dari mana sih titik… karena kebetulan kapal selamnya kan udah diem, tidak ada suara, tinggal hanya sonar yang bisa menangkap,” ujarnya.



Source link