Ramadan Bulan Berkah Bagi Perekonomian Rakyat – FAJAR


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Momentum Ramadan menjadi salah satu daya dorong ekonomi. Aktivitas jual beli mulai dirasakan dunia usaha. Makanan, sandang, dan jasa (transportasi dan pembayaran) adalah komoditas paling diburu.Geliat perputaran ekonomi bahkan dimulai sejak pekan pertama Ramadan. Lazimnya aktivitas konsumsi mulai meningkat.

Uniknya, pada bulan Ramadan, pedagang dadakan membanjiri sejumlah tempat, tidak hanya di kota besar, di perkampungan juga banyak masyarakat beralih profesi menjadi pedagang dadaDi sisi lain, pusat perbelanjaan modern dan pasar tradisional juga ramai oleh pembeli yang berbelanja beragam kebutuhan saat Ramadan hingga Lebaran.

Ketua Apindo Kota Makassar, Muammar Muhayang mengatakan pergerakan ekonomi di pekan pertama bulan Ramadan cukup tinggi, sehingga memberikan harapan terjadinya pemulihan ekonomi.

“Alhamdulillah ada geliat ekonomi dimana aktifitas masyarakat juga cukup tinggi sehingga ada perputaran ekonomi,” kata Muammar, Jumat (23/4/2021). Bahkan, kata dia, berbagai aktivitas bazar ramadan yang dilakukan pelaku usaha dapat mendorong peningkatan omset.

“Aktifitas bisnis dari pameran bazar kuliner rata-rata mencatatkan omzet yang naik setiap hari. Mudah-mudahan ini terus berjalan sehingga pergerakan ekonomi kita perlahan naik di era pendemi ini,” ucapnya.

Masifnya vaksinasi Covid-19 yang digalakkan pemerintah menjadi salah satu pemicu ekonomi mulai berputar.”Kehadiran vaksin diyakini dapat menurunkan angka penularan virus. Oleh karena itu, pemerintah membuat kebijakan mengikuti kondisi tersebut. (endra/fajar)



Source link