PHE ONWJ Maksimal Bersihkan Ceceran Minyak di Pantai Karawang

Jakarta, CNN Indonesia —

Merespons pendaratan ceceran minyak di pesisir pantai Desa Cemarajaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Rabu malam (21/4), PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) langsung melakukan penanganan cepat berupa pembersihan area pantai. Ceceran minyak itu diketahui berasal dari kebocoran pipa minyak mentah di perairan Karawang pekan lalu.

Dengan dukungan dan bantuan masyarakat, PHE ONWJ bahu membahu mengumpulkan ceceran minyak tersebut.

Manager Communication Relations & CID, Hari Setyono menjelaskan bahwa sebelumnya PHE ONWJ telahmelakukan pengamanan dan perbaikan pipa sehingga dipastikan tidak ada lagi ceceran minyak yang keluar.

Tim penanganan juga mengerahkan beberapa kapal untuk melakukan pembersihan minyak di area laut. Pemantauan pun terus dilakukan melalui laut dan udara mengikuti trajektori model tumpahan minyak (MOTUM)termasuk fasilitas produksi PHE ONWJdan area potensial lainnya.

“Sisa minyak yang ada di perairan kami kejar dan lakukan eliminasi secara langsung,” ujarnya.

Hari tak menampik ada bantuan dari warga sekitar, khususnya nelayan. PHE ONWJ pun menyambut baik bantuan warga tersebut.

“Untuk kegiatan ini kami mendapat support penuh dari nelayan yang berkeinginan untuk terlibat dalam pembersihan. Tentu kami sambut baik dan akanbekerjasama dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan kerja,” kata Hari.

Dalam penanganan kejadian ini, komunikasi dan koordinasi juga telah dilakukan oleh PHE ONWJ dengan SKK Migas, Ditjen Migas, KLHK, DLHK Kabupaten, KSOP Kepulauan Seribu dan instansi lainnya.

Sebelumnya, pipa minyak mentah PHE ONWJ di perairan Karawang mengalami kebocoran pada 15 April 2021 lalu. Saat itu, PHE ONWJ telah mengerahkan sejumlah kapal untuk membersihkan sisa kebocoran yang masih mengambang di perairan.

PHE ONWJ memastikan langkah-langkah penanganan kebocoran pipa di sekitar area BZZA atau sekitar 15 mil dari bibir pantai Karawang berjalan cepat dan intensif.

(osc)

[Gambas:Video CNN]




Source link