Pertemuan Penyidik KPK dengan Wali Kota Tanjungbalai, Azis Syamsuddin Disebut jadi Fasilitator – FAJAR


FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memaparkan konstruksi perkara dugaan penerimaan suap oleh penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju (SRP) dari Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial (MS) terkait penanganan korupsi di Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai tahun 2020-2021.

Dalam konstruksi perkara itu, terungkap nama Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (AZ). Azis diduga menjadi fasilitator pertemuan antara Stepanus dan Syahrial. Pertemuan dilakukan di rumah dinas Azis di Jakarta Selatan pada Oktober 2020.

“Pada Oktober 2020, SRP melakukan pertemuan dengan MS di rumah dinas AZ Wakil Ketua DPR RI di Jakarta Selatan,” kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (22/4).

Dalam pertemuan tersebut, kata Firli, Azis Syamsuddin diduga memperkenalkan Stepanus dengan Syahrial. Perkenalan itu diduga dilakukan agar Stepanus bisa membantu supaya penyelidikan dugaan korupsi di Pemkot Tanjungbalai yang menjerat Syahrial tidak ditingkatkan ke tahap penyidikan.

“Dalam pertemuan tersebut, AZ memperkenalkan SRP dengan MS karena diduga MS memiliki permasalahan terkait penyelidikan dugaan korupsi di Pemerintah Kota Tanjungbalai yang sedang dilakukan KPK agar tidak naik ke tahap penyidikan dan meminta agar SRP dapat membantu supaya nanti permasalahan penyelidikan tersebut tidak ditindaklanjuti oleh KPK,” kata Firli.

Menindaklanjuti pertemuan di rumah Azis Syamsuddin tersebut, Stepanus kemudian mengenalkan seorang pengacara bernama Maskur Husain (MH) kepada Syahrial untuk bisa membantu permasalahannya.



Source link