Mobil Bekas Masih Dicari Saat Mobil Baru Murah Efek PPnBM

Jakarta, CNN Indonesia —

Platform digital jual beli mobil bekas OLX menjelaskan penjualan mobil bekas sempat turun pada tahun ini lantaran ada kebijakan relaksasi PPnBM. Namun pebisnis tetap optimistis mobil bekas bakal berkembang karena ada kebijakan pemerintah yang lain saat situasi negara masih pandemi Covid-19.

OLX mengatakan hasil studi baru-baru ini menunjukkan terjadi penurunan 9 persen niat membeli mobil bekas pada Januari-Maret (kuartal I 2021) dibanding Oktober-November (kuartal IV 2020). Menurut OLX penurunan itu dinilai wajar sebab relaksasi PPnBM untuk mobil baru telah dimulai pada 1 Maret.

CEO OLX Group Indonesia Johnny Widodo menjelaskan ada faktor lain yang membuat konsumen tetap membeli mobil bekas, di antaranya 31 persen masyarakat mencari mode transportasi yang aman karena sudah banyak yang beraktivitas normal dan 28 persen dikatakan mencari mobil yang usianya masih terbilang muda.





“Jadi mulai terlihatnya sentimen yang positif pada konsumen, serta keadaan ekonomi yang sudah mulai membaik,” kata Johnny dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/4).

Johnny meyakini bisnis mobil bekas pada tahun ini akan semakin menggeliat di Indonesia. Menurut dia mobil bekas adalah opsi memiliki kendaraan yang aman saat pandemi dan juga terjangkau.

“Terlepas adanya beberapa faktor eksternal, kami optimis bahwa industri mobil bekas masih sangat menyimpan potensi yang besar untuk dieksplorasi lebih lanjut,” kata dia.

Avanza

OLX turut merilis data aktivitas bisnis selama Januari dan Februari. Dalam datanya, total pencarian mobil bekas selama Januari mencapai lebih dari 1,6 juta dengan tiga jenis kendaraan paling diminati, yakni minibus, MPV, dan sedan.

Sedangkan mobil yang paling diminati pada Januari yaitu Toyota Avanza, kemudian diikuti Honda Jazz, Daihatsu Xenia, Honda CRV, dan Toyota Fortuner.

Pada Februari disebut ada penurunan menjadi 1.460.349 pencarian. Terkait jenis kendaraan dan mobil paling diminati masih sama seperti Januari. Hanya saja CR-V kini bertukar tempat dengan Xenia ke posisi tiga.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]




Source link