KN SAR Antasena Ikut Dikerahkan Cari Kri Nanggala-402 – FAJAR


FAJAR.CO.ID, SURABAYA – KN SAR Antasena yang dinakhodai Yudhi Setiawan bergerak dari Dermaga Navigasi Tanjung Perak Surabaya menuju Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya Hari Adi Purnomo mengatakan KN SAR 234 Antasena lepas sandar pada Kamis (22/4), sekitar pukul 10.22 WIB bersama dengan 11 ABK.

“Pergerakan ini sebagai bentuk dukungan Alut dan personel Basarnas untuk pencarian KRI Nanggala 402 yang dilaporkan hilang kontak di perairan Bali sejak hari Rabu kemarin,” kata Hari dalam keterangan tertulis, Jumat (23/4).KN SAR Antasena kemudian berhasil sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi pada Kamis pukul 20.05 WIB.

“KN SAR Antasena dan personilnya akan standby di pelabuhan Banyuwangi menunggu arahan untuk pergerakan dukungan pencarian,” ucap Hari.

Tidak hanya KN SAR 234 Antasena, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) juga mengirimkan dukungan Alut (Alat utama, red) yakni KN SAR 229 Arjuna dari Bali, KN SAR 103 Wisnu dari Jakarta, dan KN SAR Kamajaya dari Makasar.

Sebagaimana diketahui, KRI Nanggala 402 dilaporkan hilang di perairan Bali bagian utara, Rabu (21/4). Kapal selam hilang kontak saat sedang mengikuti latihan tembak torpedo dan rudal. (jpnn/fajar)



Source link