Kemenkes Masih Tunggu Hasil Swab 45 WN India Masuk RI

Jakarta, CNN Indonesia —

Kementerian Kesehatan masih menunggu hasil swab PCR dari 45 warga negara India yang memasuki Indonesia pada Rabu (21/4). Sejauh ini, dari ratusan orang yang sudah dites, 12 di antaranya dinyatakan positif virus corona (Covid-19).

“Kita masih ada 45 orang lagi yang belum keluar,” ujar Kasubdit Karantina Kesehatan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Benget Saragih saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (23/4).

Namun, Benget memastikan bahwa hasil swab PCR 45 orang tersebut akan keluar hari ini, Jumat (23/4). Jumlah itu merupakan sisa dari total 127 warga India yang memasuki Tanah Air dan 12 di antaranya telah dinyatakan positif Covid-19.


Mereka sebelumnya memasuki Indonesia dengan menyewa pesawat Air Asia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng dari Chennai, India pada Rabu (21/4) dini hari.

Menurut Benget, mereka datang ke Indonesia dengan sejumlah tujuan dan keperluan berbeda. Beberapa di antaranya ada yang hanya transit dan hendak menuju Samarinda, Batam, dengan sejumlah keperluan di antaranya mengunjungi keluarga.

Selain itu, Benget mengatakan pihaknya juga tengah menyelidiki alasan mereka menyewa pesawat. Meski penyelidikan tersebut telah dilakukan, namun pihaknya belum bisa menyimpulkan alasan mereka tak menggunakan pesawat secara komersial.

“Sudah (diselidiki). Nah, kami belum ada kesimpulan. Lagi dicari, tadi juga Pak Menkes nanya itu,” kata dia.

Benget memastikan Kemenkes akan terus mengawasi warga asing tersebut selama mereka menjalani isolasi mandiri di sejumlah lokasi karantina terpusat di Ibu Kota. Dia juga memastikan tak ada yang mengalami gejala berat dari 12 orang yang dinyatakan positif.

Kedatangan 127 warga negara India ke Indonesia itu sempat menuao polemik. Sebab, kedatangan mereka bersama dengan lonjakan kasus harian Covid-19 di India yang terjadi dalam dua bulan terakhir.

(thr/bmw)

[Gambas:Video CNN]




Source link