Kasus Positif Tambah 5.436, Pasien Sembuh Naik 5.920

Jakarta, CNN Indonesia —

Kasus positif virus corona (Covid-19) bertambah 5.436 pada hari ini, Jumat (23/4). Dengan demikian, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi sebanyak 1.632.248 sejak pertama kali diumumkan pada awal Maret 2020 lalu oleh Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 pemerintah pusat, dari total kasus positif, sebanyak 1.487.369 di antaranya telah sembuh. Pasien Covid-19 yang sembuh bertambah 5.920 dari hari sebelumnya.

Kemudian dari jumlah kasus positif, sebanyak 44.346 di antaranya meninggal dunia. Pasien yang wafat usai terinfeksi virus corona bertambah 174 dari hari sebelumnya. 


Data Satgas Penanganan Covid-19 juga menyatakan jumlah spesimen yang diperiksa hari ini ini sebanyak 63.623. Kasus aktif kini menjadi 100.533 atau berkurang 658 dari hari sebelumnya.

Pemerintah pusat dan daerah masih terus berupaya menanggulangi pandemi virus corona di tanah air. Berbagai kebijakan telah dikeluarkan sejak virus corona mewabah di Indonesia. 

Mulai dari pembatasan kegiatan masyarakat, program vaksinasi, hingga pemberian bantuan sosial dan stimulus bagi pihak-pihak yang ekonominya terdampak pandemi. 

Mengenai pembatasan kegiatan masyarakat, pemerintah kini masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro. 

Kemudian, Program vaksinasi menjadi salah satu kebijakan yang menjadi perhatian banyak pihak lantaran diharapkan bisa menjadi upaya mujarab penanggulangan pandemi. Targetnya, 180 juta penduduk Indonesia disuntik vaksin guna menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Pemerintah pun telah melarang masyarakat mudik lebaran. Pemerintah cemas kasus positif virus corona melonjak tinggi jika masyarakat berbondong-bondong pulang ke kampung halaman.

Terbaru, pemerintah melarang warga negara India masuk ke Indonesia. Begitu juga warga negara lain yang pernah mengunjungi India. Larangan terbit berkenaan dengan lonjakan drastis kasus Covid-19 di India.

(bmw)

[Gambas:Video CNN]




Source link