ICW Minta KPK Telisik Kedekatan Penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju dengan Aziz Syamsuddin – FAJAR


FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perlu menelisik kedekatan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju dengan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin.

Dalam konstruksi perkara kasus dugaan suap terkait penanganan perkara Wali Kota Tanjungbalai tahun 2020, Azis Syamsuddin disebut memfasilitasi pertemuan antara Stepanus dan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial di rumah dinasnya sekitar Oktober 2020.

“Tentu ini janggal dan harus ditelisik oleh KPK, dari mana terbangun relasi antara Penyidik Robin dengan Azis Syamsuddin?” kata Peneliti ICW Kurnia Ramadhana dalam keterangannya, Jumat (23/4).

“Lalu, apakah itu pertemuan pertama, atau sebelumnya mereka sudah menjalin komunikasi?” sambungnya.

Kurnia menyatakan, dalam pertemuan itu pula Azis memperkenalkan Stepanus dengan Syahrial lantaran Wali Kota Tanjungbalai itu memiliki permasalahan dalam penyelidikan dugaan korupsi di Tanjungbalai.

Kurnia menduga, Azis bisa mengetahui KPK tengah menyelidiki dugaan korupsi di Tanjungbalai lantaran adanya kebocoran informasi dari internal lembaga antirasuah. Maka dari itu, menurutnya, kemungkinan tersebut juga perlu ditelusuri oleh KPK.

“Dari mana Azis tahu bahwa KPK sedang melakukan penyelidikan dugaan korupsi di Tanjungbalai? Bukankah informasi penyelidikan itu tertutup? Besar kemungkinan ada informasi yang bocor dari internal KPK yang harus juga ditindaklanjuti,” ucapnya.

Selain mempertemukan dan memperkenalkan, kata Kuria, berdasarkan konstruksi perkara Azis turut meminta Stepanus membantu permasalahan penyelidikan tersebut agar ditindaklanjuti oleh KPK.



Source link