Hari Buku Sedunia, 5 Rekomendasi Dongeng untuk Anak

Jakarta, CNN Indonesia —

Ada banyak hal bermanfaat yang bisa Anda lakukan bersama anak di hari buku sedunia, salah satunya dengan membaca buku dongeng.

Membacakan buku, atau membaca buku bersama anak bisa meningkatkan minat baca anak. Mengenalkan buku sedini mungkin pada anak juga bisa membantunya terbiasa dengan buku. Selain itu, membaca buku dongeng bisa membantu mengenalkan emosi dan meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Melansir Healthline, membacakan cerita kepada anak bisa membantu meningkatkan kemampuan mendengarkan, meningkatkan kosakata anak, membuat anak lebih kreatif, dan bisa mengajarkan pesan moral yang didapat dari sebuah cerita.


Psikolog Anak dan Remaja, Ratih Zulhaqqi juga mengatakan, membaca bersama baik dilakukan agar anak mengenal buku dan mempunyai minat membaca yang tinggi.

“Kalau kita mau meningkatkan minat baca pada anak, perkenalkan buku sedini mungkin pada anak-anak, lalu biasakan membaca sebagai rutinitas sehari-hari yang tidak terlewatkan,” kata Ratih saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (23/4).

Berikut beberapa buku cerita yang bisa Anda baca bersama anak.

1. Na Willa: Serial Catatan Kemarin

Na Willa merupakan buku cerita anak yang ditulis oleh Reda Gaudiamo. Buku anak-anak ini juga cocok dibaca oleh orang dewasa karena mengandung pesan moral.

Kisahnya tentang keseharian seorang anak perempuan di Surabaya. Sekilas kisahnya terdengar biasa: Na Willa pergi ke pasar bersama Mak, Na Willa suka mendengarkan radio, dan mengejar kereta, meski selalu tertinggal. Namun dari setiap cerita si kecil Na Willa, Anda selalu bisa memetik sebuah pesan moral yang tidak terduga.

Kisahnya yang ringan dan berputar pada kehidupan sehari-hari bisa membuat Anda dan anak Anda menyadari pesan penting. Rutinitas yang mungkin biasa dilakukan memiliki banyak makna bagi Anda dan mungkin orang lain.

2. Kokokan Mencari Arumbawangi

Kokokan Mencari Arumbawangi merupakan sebuah dongeng karya Cyntha Hariadi. Berlatar kultur gadis Bali, dikisahkan dua tokoh kakak-adik, Kakaputu dan Arumbawangi. Kakaputu lahir dari rahim seorang ibu bernama Nanamama. Sementara Arumbawangi dibawa oleh serombongan burung kuntul putih atau kokokan.

Ketiganya hidup bahagia hingga datang seorang pengusaha ke tanah mereka. Ia hendak mendirikan hotel di sawah-sawah memilih Nanamama. Bagaimana Kakaputu dan Arumbawangi menghadapinya? Apa yang terjadi pada Nanamama?

Kisahnya menarik untuk Anda baca bersama si kecil. Buku ini juga bisa memupuk rasa keberanian anak.


5 Rekomendasi Buku Dongeng untuk Anak – Halaman 2


BACA HALAMAN BERIKUTNYA




Source link