Cara Kru Selamatkan Diri Saat Kapal Selam Tenggelam

Jakarta, CNN Indonesia —

KRI Nanggala 402 dilaporkan hilang kontak saat hendak melakukan latihan di perairan Bali. Kapal selam buatan Jerman itu diketahui mengangkut 53 personel Tentara Nasional Indonesia.

TNI bersama sejumlah pihak masih terus melakukan pencarian. Laporan terakhir menduga KRI Nanggala 402 mengalami blackout sehungga tidak bisa naik ke permukaan laut.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan waktu yang tersisa hingga cadangan oksigen habis di kapal yang berisi 53 awak itu hanya 72 jam sejak kapal dinyatakan hilang. Itu artinya kapal harus ditemukan pada Sabtu (24/4) sebelum pukul 03.00 WIB.





Lantas apakah mungkin melakukan penyelamatan diri ketika kapal selam tenggelam?

Ada dua pilihan ketika kru terjebak di dalam kapal selam yang karam, yakni menunggu penyelamatan atau mencoba meloloskan diri.

Namun, Angkatan Laut AS menganjurkan cara yang lebih aman adalah menunggu penyelamatan daripada para kru mencoba meloloskan diri. Apalagi sejak dibuat kamar penyelamat pada 1939. Menunggu diselamatkan menjadi pilihan yang lebih baik.

Melansir Science Focus, cara paling aman untuk melakukan penyelamatan kapal selam adalah dengan menggunakan kapal selam yang lebih kecil.

Namun, cara itu mengharuskan palka (ruang kapal) dapat diakses dan tidak rusak, serta butuh waktu lama untuk mengaturnya. 

Dalam kondisi itu, kru harus mampu mengatasi jika air yang masuk ke dalam kabin, kebakaran, gas beracun, dan bahaya radiasi.

Melarikan diri dari kapal selam menjadi rencana cadangan. Sebab, metode meloloskan diri membuat orang yang selamat terpapar kondisi berbahaya, seperti air dingin dan tekanan luar biasa, serta rentan terhadap kesalahan.

Namun, seorang kru mungkin perlu mencoba meloloskan diri jika penyelamatan tidak mungkin dilakukan atau penemuan mereka membutuhkan waktu yang lama, seperti dilansir Under Sea Museum

Cara Penyelamatan Diri yang Kerap Digunakan saat Kapal Selam Tenggelam


BACA HALAMAN BERIKUTNYA




Source link