Anak Buahnya Lakukan Pungli, Bobby Nasution Langsung Sidak dan Copot Lurah – FAJAR


FAJAR.CO.ID, MEDAN – Wali Kota Medan Bobby Nasution menginspeksi kantor Lurah Sidorame Timur, Kecamatan Medan Perjuangan. Inspeksi yang berlangsung pada Jumat (23/4) pagi itu menindaklanjuti adanya laporan warga tentang adanya dugaan pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum kelurahan.

Alhasil, saat inspeksi sang Lurah Sidorame Timur Hermanto dan Kasi Pembangunan Dina Simanjuntak berusaha berkilah tidak melakukan pungli terhadap warga. Bantahan sang Lurah itu terbantahkan dengan bukti rekaman yang ditunjukkan Bobby Nasution kepada Hermanto.

“Jadi bapak tidak ada pungli, tidak ngaku? Ini saya ada rekamannya loh. Kita buka ya video dan rekaman suaranya,” kata Bobby di hadapan Hermanto. Rekaman itu menampilkan permintaan sejumlah uang kepada masyarakat yang ingin mengurus sesuatu.

Seketika Bobby menyatakan Hermanto dicopot dari jabatannya sebagai lurah. Begitu Dina Simanjuntak, ditanggalkan jabatannya sebagai Kasi Pembangunan di Kelurahan Sidorame Timur. “Sudah, bapak jangan jadi lurah lagi. Ibu juga,” tegas Bobby.

“Masyarakat sudah susah kok dimintai uang lagi pak. Bahaya loh ini. Saya tidak suka kalau begini caranya,” kata Bobby kepada Lurah.

Adapun dugaan pungli di Kelurahan Sidorame Timur terkait pengurusan surat keterangan usaha (SKU). Warga mengeluhkan adanya tarif pungutan mencapai Rp 200 ribu dalam pengurusan SKU tersebut.

“Di sini kalau ngurus bayar Rp 200 ribu, minimal Rp 50 ribu,” ujar warga sembari berkoar selepas Bobby beranjak dari kantor Lurah Sidorame Timur.



Source link