7 Tips Ajak Anak Rajin Membaca Buku

Jakarta, CNN Indonesia —

Selamat Hari Buku Sedunia dan Hari Hak Cipta Sedunia.

Tanggal ini ditetapkan sebagai perayaan tahunan yang jatuh pada tanggal 23 April yang diadakan oleh UNESCO untuk mempromosikan peran membaca, penerbitan, dan hak cipta.

Membaca bisa jadi salah satu cara memupuk pengetahuan anak. Membaca juga akan menyenangkan jika dilakukan bersama, sesuai dengan minat dan keinginan anak mempelajari sesuatu.


Namun di masa serba modern, budaya membaca rasanya mulai terkikis dengan munculnya gawai super canggih, atau dengan kemunculan berbagai video game.

Alhasil tidak sedikit anak yang lebih memilih bermain gawai atau games ketimbang membaca buku.

Padahal membaca buku adalah rutinitas harian yang baik untuk tumbuh kembang anak. Pada usia anak, membaca dan mempelajari banyak hal akan berdampak baik pada fungsi kognitifnya. Usia anak juga disebut ‘golden age’ karena anak bisa dengan mudah mengingat dan menerapkan sesuatu yang dipelajarinya.

Itu sebabnya, memupuk kebiasaan membaca sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Anda juga bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk meningkatkan minat baca pada anak.

1. Membuat area membaca

Siapkan area membaca yang nyaman bagi anak. Area baca tidak selalu harus menyediakan kursi baca dan meja belajar, Anda bisa menggantinya dengan kursi santai seperti bean bag, atau aksesoris pendukung seperti lampu yang membuat anak Anda nyaman membaca.

Terpenting adalah, area tersebut bisa membuat anak merasa nyaman tanpa terdistraksi saat membaca.

2. Beri contoh

Psikolog Anak dan Remaja, Ratih Zulhaqqi mengatakan, meningkatkan minat baca pada anak bisa dimulai dengan memberikan contoh langsung. Anda bisa menunjukkan saat-saat ketika Anda membaca buku, koran, atau majalah, kepada anak. Anda bahkan bisa membaca bersama-sama dengan anak.

“Ketika anak melihat orang tuanya membaca buku, dia juga akan nurut ikut, dan gak ada tuh pikiran anak ‘kok aku disuruh baca tapi mama atau papa ga baca buku’ karena dia lihat orang tuanya juga baca buku,” kata Ratih saat dihubungi CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.


Agar Anak Rajin Membaca Buku


BACA HALAMAN BERIKUTNYA




Source link