5 Skincare Dasar untuk Semua Jenis Kulit Wajah


Jakarta, CNN Indonesia —

Membangun rutinitas perawatan kulit seharusnya tidak terlalu sulit. Jika Anda melakukannya dengan konsisten dan benar, kulit akan terlindungi dari segala ancaman.

Sayangnya, konsep rutinitas perawatan kulit modern di masa kini terkadang terasa membingungkan. Beberapa bahkan merasa terlalu banyak aturan dan terlalu banyak produk yang digunakan. Tak hanya uang yang dihabiskan, tapi juga waktu.

Namun, sesungguhnya cara yang paling sederhana sekali pun bisa membuat kulit Anda tetap sehat.


Ahli dermatologi, Jasmine Vico percaya bahwa rancangan perawatan kulit dengan produk yang terlalu banyak bukan-lah cara terbaik untuk mendapatkan kesehatan kulit.

“Keyakinan saya selalu bahwa lebih sedikit, lebih baik,” ujar Vico, melansir The Independent. “Orang-orang terlalu banyak menggunakan produk dan krim yang sempurna untuk hasil yang tidak diketahui.”

Seperti diet seimbang yang sederhana, perawatan kulit dasar adalah cara paling masuk akal yang sangat mudah untuk diikuti.

“Dapatkan keperluan-keperluan dasar untuk kulit. Tambahkan perawatan ekstra yang aneh-aneh saat Anda mampu dan bisa, atau sebelum acara khusus,” ujar Vico.

Berikut rutinitas skincare dasar untuk semua jenis kulit.

1. Makeup remover di malam hari

Jika Anda adalah orang yang kerap menggunakan makeup sepanjang hari, maka makeup remover patut dijadikan salah satu rutinitas malam.

Hilangkan berbagai riasan, khususnya pada mata. Berikat gosokan yang lembut dengan menggunakan kapas.


Ilustrasi. Perawatan yang sederhana dapat memberikan perlindungan pada kulit. (iStockphoto/CoffeeAndMilk)

2. Cleanser di pagi dan malam hari

Para ahli sepakat bahwa menggunakan pembersih yang mengandung terlalu banyak asam alfa hidroksi (AHA) dan asam beta hidroksi (BHA), sebagaimana yang banyak ditawarkan saat ini, dapat membahayakan pelindung kulit dan menyebabkan masalah lain. Gunakan pembersih yang bersifat lipofilik atau berbahan dasar minyak yang dapat membersihkan kulit.

Sebagai aturan praktis, Anda disarankan untuk membersihkan wajah sekali di pagi hari dan sekali di malam hari. Hal ini perlu dilakukan, utamanya bagi Anda yang menggunakan makeup sepanjang hari.

Cara Anda membersihkan juga bisa berpengaruh untuk kulit. Cara terbaik, berikan pijatan lembut pada area kulit wajah. Rendam kain kasa pada air hangat, peras, dan gunakan untuk membersihkan wajah.

3. Toner di pagi dan malam hari

Toner memang mendulang banyak manfaat. Namun, Anda tetap perlu hati-hati saat menggunakannya.

Toner umumnya mengandung sejenis asam,” ujar ahli kecantikan klinis, Pam Marshall. Tujuannya adalah memicu mekanisme penyembuhan di mana lebih banyak kolagen dan elastin terbentuk. “Ini bagus. Asal Anda tidak terlalu sering menggunakannya.”

Hindari toner jika kulit memperlihatkan gejala peradangan.

Anda dapat menggunakan toner setelah membersihkan wajah di pagi dan malam hari. Semprotkan toner pada kulit, oleskan dengan kapas secara merata.

4. Serum di pagi dan malam hari

Dalam keadaan bersih, produk perawatan siap memberikan dampak positif pada kulit. Gunakan serum sebagai salah satu perawatan dasar kulit.

Anda bisa mencoba serum yang mengandung asam hialuronat dan squalane. Tapi, jika Anda memiliki masalah pigmentasi atau kulit kusam, serum dengan vitamin C dan niacinamide adalah jawaban yang tepat.

5. Pelembap di pagi dan malam hari

Pelembap dapat membuat kulit tetap lembap. Pilih-lah pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan gunakan setiap hari pada pagi serta malam hari.

(asr)




Source link