5 Pilihan Buah yang Cocok Dijadikan Salad untuk Diet


Jakarta, CNN Indonesia —

Buah merupakan salah satu camilan alami yang kaya akan nutrisi, vitamin, dan serat. Komposisi tersebut dapat membantu diet dan menurunkan berat badan. Berikut rekomendasi salad buah untuk diet.

Salad buah adalah makanan yang terdiri atas potongan buah yang dimakan dengan saus seperti mayones. Salad buah dapat terdiri dari satu macam buah atau beberapa buah sekaligus. Bisa juga dicampur dengan sayuran, kacang-kacangan, atau biji-bijian.

Buah adalah makanan yang rendah kalori sehingga baik untuk menurunkan berat badan. Konsumsi buah juga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga kanker.


Berikut rekomendasi buah yang cocok dijadikan salad untuk diet menurunkan berat badan.

1. Grapefruit atau limau gedang


Grapefruit merupakan buah yang bisa dijadikan salad buah untuk diet. (Foto: Raeky/Wikipedia)

Grapefruit atau dalam bahasa Indonesia disebut limau gedang adalah persilangan antara jeruk bali dengan jeruk biasa. Buah ini yang masuk dalam keluarga sitrus.

Dikutip dari Healthline, setengah buah grapefruit saja mengandung 39 kalori dan mampu menyediakan 65 persen kebutuhan asupan harian vitamin C.

Limau gedang juga memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah. Artinya buah ini melepaskan gula ke aliran darah lebih lambat. Konsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian pada 85 orang yang gemuk menunjukkan konsumsi limau gedang selama 12 minggu sebelum makan dapat menurunkan asupan kalori dan menurunkan berat badan hingga 7,1 persen.

2. Apel


Buah apelApel merupakan buah yang bisa dijadikan salad buah untuk diet. (Foto: Pixabay/MarcoRoosink)

Apel merupakan buah dengan tingkat kalori yang rendah, tapi tinggi serat. Dalam satu buah apel terkandung 116 kalori dan 5,4 gram serat. Penelitian pada 124 ribu orang menunjukkan orang yang yang mengkonsumsi apel mengalami penurunan berat badan hingga 0,56 kg.

Kandungan serat yang tinggi dalam buah apel membuat perut kenyang lebih lama sehingga seseorang bisa makan lebih lebih sedikit.

Masukkan apel dalam salad buat dan sajikan bersama oatmeal, yogurt, dan sayuran hijau.


5 Rekomendasi Salad Buah yang Cocok untuk Diet


BACA HALAMAN BERIKUTNYA




Source link