5 Fakta Menarik Persija Tekuk Persib di Final Piala Menpora


Jakarta, CNN Indonesia —

Sebanyak 5 fakta menarik tersaji setelah Persija Jakarta berhasil mengalahkan Persib Bandung 2-0 pada leg pertama final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Kamis (22/4).

Gol-gol kemenangan Persija masing-masing dicetak Braif Fatari dan Taufik Hidayat di babak pertama. Usaha Persib untuk mengejar ketinggalan tak membuahkan hasil di babak kedua.

Persib masih punya kesempatan untuk merebut gelar juara Piala Menpora 2021 jika mampu mengalahkan Persija dengan margin di atas dua gol di leg kedua yang akan digelar di Stadion Manahan, Minggu (25/4).


Berikut fakta menarik usai Persija kalahkan Persib 2-0:

1. Debut Apik Taufik Hidayat

Taufik Hidayat menjalani debut sebagai starter bersama Persija dengan penampilan apik. Ia sukses membayar kepercayaan pelatih Sudirman dengan menyumbang satu gol.

Umpan tarik mendatar Riko Simanjuntak berhasil disambar Taufik Hidayat yang lolos tanpa kawalan. Penampilan impresif Taufik bisa jadi warna tersendiri bagi lini depan Persija yang belakangan terlalu terpaku Marko Simic.

2. Braif Fatari Raih Rekor Gol Tercepat

Pemain muda Persija Jakarta Braif Fatari mengukir rekor sebagai pencetak gol tercepat di Piala Menpoa 2021. Braif mencetak gol pembuka keunggulan Persija saat menunjukkan detik ke-33.

Gol Braif ke gawang Persib menggeser rekor sebelumnya yang dibukukan penyerang Persib Bandung, Ezra Walian. Penyerang naturalisasi itu sebelumnya sukses mencetak gol di detik ke-38 saat Persib menang atas Persebaya 3-2 di perempat final.

[Gambas:Video CNN]

3. Persib Dikalahkan 2 Mantan Pemain

Dua pemain Persija, Maman Abdurahman dan Tony Sucipto, pernah jadi andalan di Persib. Meski tak muda lagi, keduanya tampil apik saat dipercaya sebagai starter lawan Persib.

Wander Luiz kesulitan menembus pertahanan Persija karena penampilan disiplin Maman. Sundulan Wander Luiz saat menyambut umpan silang Frets Butuan juga berhasil diblok Tony Sucipto.

Pengalaman dan mental kedua pemain ini ikut andil mengantar Persija menang 2-0 atas Persib. Di beberapa laga sebelumnya, Maman sendiri jarang mendapat kesempatan bermain.

4. Rekor Kemenangan Persib Tercoreng

Rekor kemenangan Persib di Piala Menpora 2021 tercoreng oleh Persija. Bermain di Stadion Maguwoharjo, Kamis (22/4), Persib dipaksa menyerah dua gol tanpa sanggup membalas.

Ini menjadi kekalahan pertama Persib di sepanjang turnamen. Sebelumnya, Maung Bandung tak terkalahkan baik saat berlaga di fase grup, perempat final, maupun semifinal.

5. Persib Tampil dengan Skuad Terbaik

Persib Bandung tampil degan skuad terbaiknya di final Piala Menpora 2021. Sebagian besar pemain yang diturunkan sebagai starter adalah skuad utama. Hanya Farshad Noor dan Abdul Aziz yang biasa turun dari bangku cadangan.

Kedua pemain tersebut juga berpeluang jadi bintang Persib di masa depan berkat penampilan impresif di sepanjang turnamen. Farshad sendiri dipilih untuk menggantikan Dedi Kusnandar yang baru pulih cedera.


Sementara Persija melakukan rotasi besar-besaran. Marko Simic dan Ramdani Lestaluhu disimpan di bangku cadangan. Peran kedua pemain tersebut digantikan Taufik Hidayat dan Braif Fatari.

Maman Abdurahman juga untuk kali pertama diplot sebagai starter di turnamen pramusim ini. Sebelumnya Maman lebih banyak jadi penghangat bangku cadangan karena Sudirman lebih percaya kepada duet Otavio Dutra dan Yann Motta.

(jun/ptr)



Source link