12 Warga India Masuk Indonesia Positif Covid-19

Jakarta, CNN Indonesia —

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan 12 dari 127 warga negara India yang memasuki Indonesia pada Rabu (21/4) dinyatakan positif Covid-19, usai menjalani tes swab PCR.

“Dari 127 WNA yang sudah dilakukan tes semua sampai saat ini ada 12 penumpang yang sudah positif,” kata Budi dalam jumpa pers daring, Jumat (23/4).

Kepada mereka yang telah dinyatakan positif, Budi mengaku telah melakukan tes genome squencing, dan masih menunggu hasil.


Kemenkes sebelumnya membenarkan bahwa sebanyak 135 warga negara India memasuki Indonesia pada Rabu (21/4) dini hari lewat Bandara Internasional Soekarno Hatta, dengan menaiki pesawat charter.

Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Benget Saragih mengatakan, mereka saat ini tengah menjalani karantina di beberapa lokasi hotel di Jakarta selama lima hari sejak menjalani tes saat kedatangan.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Jhoni Ginting juga membenarkan kedatangan ratusan WN India itu ke Indonesia. Menurut Jhoni, mereka datang dengan menaiki pesawat charter Air Asia QZ988, dari Chennai ke Bandara Soekarno Hatta pada Rabu (21/4) bersama total 129 penumpang di dalamnya.

Dari 129 penumpang tersebut, 38 warga negara India mengantongi visa kunjungan, 46 warga India India pemegang kartu izin tinggal terbatas (KITAS), satu warga Amerika pemegang KITAS, dan 13 WNI.

Menurut Ginting, kedatangan warga asing itu telah memenuhi ketentuan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020.

“Memang mereka semua mendapatkan dokumen perjalanan berupa bisa yang termasuk dikecualikan oleh Permenkumham Nomor 26/2020,” kata Jhoni.

(thr/gil)

[Gambas:Video CNN]




Source link